Skip to main content

Studio Ghibli Film (Jejepangan '2)

Studio Ghibli adalah salah satu studio film animasi yang berasal dari negara Jepang. Film-film yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli ini mengandung unsur-unsur imajinatif, emosional, dan lain sebagainya. Studio Ghibli disutradai oleh Hayao Miyazaki. Pokoknya, film yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli keren abisss! Studio Ghibli ini bisa juga disebut Disney-nya jepang loh!

Disini, aku bakal bahas beberapa film animasi yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli;
1. Spirited Away
Chihiro adalah gadis berusia 10 tahun yang akan pindah rumah bersama kedua orang tuanya. Dalam perjalanan menuju rumah baru, mereka menemui gua yang gelap, gua tersebut merupakan perbatasan dari dunia arwah dan dunia manusia. Tetapi mereka tidak tahu menahu soal itu, mereka pergi ke dunia arwah, di dalam dunia arwah semuanya terlihat baik, lalu orang tua Chihiro memakan daging yang sudah matang dengan rakus, tetapi Chihiro hanya berjalan-jalan saja. Ketika Chihiro kembali, Chihiro kaget melihat orang tuanya berubah jadi babi yang gendut, lalu ada seorang pria yang menghampiri Chihiro dan menyuruhnya untuk pergi dari dunia arwah. Namun sayang, ketika Chihiro bergegas untuk keluar dari dunia arwah, hari sudah malam dan semua arwah-arwah keluar. Chihiro terjebak di dunia arwah. Dari situlah petualangan Chihiro dimulai.
 One of my favorite Studio Ghibli movie. Film ini berhasil memenangkan piala oscar dalam nominasi “Film Animasi Terbaik” pada tahun 2002 dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam nominasi tersebut.

2. Laputa: Castle in the Sky
Laputa adalah nama sebuah kota melayang yang tersisa hanya satu-satunya tersembunyi di antara badai petir. Sheeta, nama aslinya adalah Lusheeta Toel Ul Laputa. Seorang perempuan yang mempunyai kristal (merupakan kunci ke Laputa) yang sedang dicari oleh para bajak laut dan orang-orang asing, ketika Sheeta melarikan diri dari bajak laut, ia jatuh ke darat dan dibantu oleh seorang laki-laki yang bernama Pazu. Pazu dan para tetangganya selalu menyembunyikan Sheeta. Hingga pada suatu hari Sheeta tertangkap bersama Pazu, tetapi mereka melarikan diri dan mereka berencana akan berangkat ke Laputa bersama kapten Dola.

3. Tonari no Totoro (My Neighbor Totoro)
Kakak beradik yang bernama Mei dan Satsuki bersama ayahnya pindah ke sebuah pedesaan karena ingin dekat dengan ibunya yang sedang melakukan proses pengobatan, di dekat rumahnya terdapat semak-semak yang membawa Mei menuju sebuah pohon besar, ketika Mei masuk ke dalam pohon, dia menemukan seekor binatang yang sangat besar. Mei pun memberi tahu kepada kakanya, Satsuki.

Animasi Totoro banyak sekali disukai oleh manusia di seluruh dunia, dan Totoro pun telah menjadi logo/icon dari Studio Ghibli.


4. The Secret World of Arrietty
Arrietty adalah makhluk kecil yang tinggal di bawah rumah milik manusia, ia hidup bersama keluarganya. Pekerjaan makhluk kecil adalah ‘peminjam’, yang meminjam barang-barang dari rumah manusia. Makhluk kecil hampir punah, keluarga Arrietty harus hati-hati ketika meminjam barang di rumah manusia. Ketika Arrietty ingin berburu untuk meminjam sesuatu di rumah manusia, ia tertangkap basah oleh Shawn.
 

Untuk yang lagi nganggur-nganggur dirumah, terus belum coba nonton ke-4 film animasi diatas, aku saranin tonton segera ya. Karna ini recommended banget untuk ditonton! Walaupun film animasi lama, tapi dijamin pas nonton bikin jatuh hati >,<
Bukan hanya sekedar 4 film diatas sih, karena masih sangat teramat banyak film Studio Ghibli lainnya yang memang seru, seperti Whisper of the Heart, Kiki's Delivery Service, Princess Mononoke, Ponyo, The Wind Rises, dll.

Comments

Popular posts from this blog

Jejepangan '1

Bagi kamu anak J ejepangan,  Jepang sudah tidak aneh lagi dengan tempat-tempatnya yang menarik. Inilah tempat yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Jepang! 1. Menara Tokyo   (東京タワー,  Tokyo Tower ) Menara Tokyo adalah sebuah menara di Taman Shiba, Tokyo, Jepang .akan tetapi sebenarnya Tokyo Tower merupakan menara komunikasi dan observasi yang bentuknya mirip dengan menara eifell yang terletak di distrik Shiba-koen MinatoTokyo. Tower ini berwarna orange-putih yang ketika malam hari tower itu akan menyala.  Tokyo Tower 2. Akibahara  (秋葉原) Buat kamu para Otaku, dan semacamnya, tempat ini wajib banget kamu kunjungi ketika kamu berada di Jepang! Disini lah surganya anime, manga, dll. Dan di Akibahara merupakan pusat penjualan elektronik dengan harga yang menggiurkan. Akibahara merupakan salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Jepang. Terletak di distrik Kota Taitou dan kawasan Sotou-kanda di distrik Kota Chiyoda. Akibahara 3. Harajuku  (原宿) Buat kamu yang suka  styl

Penjajah tanpa Nyawa

Merdeka? Merdeka adalah bebas, bebas dari ‘penjajahan’ orang-orang yang mengekang kita. Tapi, apa iya hanya karna bebas dari orang-orang yang mengekang kita, kita sudah merdeka? Banyak yang tidak menyadarinya, pada zaman sekarang, orang-orang memang sudah ‘merasa’ merdeka, padahal tanpa kita sadari, kita masih di jajah. Di jajah oleh makhluk yang tidak bernyawa, Teknologi. Ah masa sih? iyalah, kita telah di butakan oleh teknologi, dan saat ini hidup kita tidak bisa lepas dari teknologi. Seperti pengertiannya, teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Bagaimana kita terlepas dari teknologi sedangkan teknologi itu sendiri ‘diperlukan’ untuk kelangsungan hidup kita? Merdeka diartikan sebagai bebasnya dari belenggu ‘kebodohan’, dengan adanya teknologi yang semakin hari semakin canggih, jangan sampai kita dibodohi dalam menggunakan teknologi. Jangan menggunakan teknologi untuk hal-hal